Kisi-kisi IPA Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar 2018/2019
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kurikulum : 2006/2013 (IRISAN)
Level Kognitif Lingkup Materi
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Benda dan Sifatnya Energi dan Perubahannya Bumi dan Alam Semesta
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menunjukkan
• Memberi contoh
• Menyebutkan Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- penyesuaian diri makhluk hidup
- pelestarian lingkungan Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan
- daur hidup hewan
- alat gerak dan fungsinya
- sistem pernapasan pada manusia/hewan
- sistem pencernaan pada manusia
- sistem peredaran darah pada manusia
- perkembangbiakan tumbuhan/hewan
- perkembangan dan pertumbuhan manusia
- pemeliharaan kesehatan organ
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- sifat benda
- perubahan wujud benda
- sifat bahan dan bahan penyusunnya Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - jenis-jenis gaya
- bentuk energi dan perubahannya
- energi alternatif
- sifat-sifat magnet Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- sumber daya alam
- siklus air
- sistem tata surya
- gerhana bulan dan gerhana matahari
Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019 | 1
Level Kognitif Lingkup Materi
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Benda dan Sifatnya Energi dan Perubahannya Bumi dan Alam Semesta
Aplikasi
• Menerapkan
• Membandingkan
• Mengklasifikasi Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- penyesuaian diri makhluk hidup
- keseimbangan lingkungan Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- daur hidup hewan
- mekanisme sistem gerak
- mekanisme sistem
- organ (pernapasan,
- pencernaan, dan
- peredaran darah)
- pemeliharaan
- kesehatan organ Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- sifat bahan dengan kegunaannya
- pemanfaatan perubahan wujud benda
- suhu dan kalor Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda
- bunyi
- cahaya
- perubahan energi listrik dan penghematan energi
listrik
- energi alternatif dan cara penggunaannya
- listrik dan magnet Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- mencegah kerusakan lingkungan
- dampak pengambilan bahan alam
- rotasi dan revolusi bumi dan bulan
- gerhana bulan dan gerhana matahari
Penalaran
• Menganalisis
• Memprediksi
• Menyimpulkan Peserta didik mampu bernalar tentang:
- hubungan
- antarmakhluk hidup
- upaya manusia dalam menjaga
keseimbangan/pelestarian lingkungan Peserta didik mampu bernalar tentang:
- hubungan antara sistem organ dan proses yang ditimbulkan
- percobaan pada sistem organ
Peserta didik mampu bernalar tentang:
- pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya
- perubahan wujud benda
- suhu dan kalor Peserta didik mampu bernalar tentang:
- hubungan gaya dengan gerak
- bunyi
- cahaya Peserta didik mampu bernalar tentang:
- gerhana bulan dan gerhana matahari
- siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019 | 2
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kurikulum : 2006/2013 (IRISAN)
Level Kognitif Lingkup Materi
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Benda dan Sifatnya Energi dan Perubahannya Bumi dan Alam Semesta
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menunjukkan
• Memberi contoh
• Menyebutkan Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- penyesuaian diri makhluk hidup
- pelestarian lingkungan Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan
- daur hidup hewan
- alat gerak dan fungsinya
- sistem pernapasan pada manusia/hewan
- sistem pencernaan pada manusia
- sistem peredaran darah pada manusia
- perkembangbiakan tumbuhan/hewan
- perkembangan dan pertumbuhan manusia
- pemeliharaan kesehatan organ
Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- sifat benda
- perubahan wujud benda
- sifat bahan dan bahan penyusunnya Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang: - jenis-jenis gaya
- bentuk energi dan perubahannya
- energi alternatif
- sifat-sifat magnet Peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang:
- sumber daya alam
- siklus air
- sistem tata surya
- gerhana bulan dan gerhana matahari
Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019 | 1
Level Kognitif Lingkup Materi
Makhluk Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Benda dan Sifatnya Energi dan Perubahannya Bumi dan Alam Semesta
Aplikasi
• Menerapkan
• Membandingkan
• Mengklasifikasi Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya
- penyesuaian diri makhluk hidup
- keseimbangan lingkungan Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- daur hidup hewan
- mekanisme sistem gerak
- mekanisme sistem
- organ (pernapasan,
- pencernaan, dan
- peredaran darah)
- pemeliharaan
- kesehatan organ Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- sifat bahan dengan kegunaannya
- pemanfaatan perubahan wujud benda
- suhu dan kalor Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk benda
- bunyi
- cahaya
- perubahan energi listrik dan penghematan energi
listrik
- energi alternatif dan cara penggunaannya
- listrik dan magnet Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- mencegah kerusakan lingkungan
- dampak pengambilan bahan alam
- rotasi dan revolusi bumi dan bulan
- gerhana bulan dan gerhana matahari
Penalaran
• Menganalisis
• Memprediksi
• Menyimpulkan Peserta didik mampu bernalar tentang:
- hubungan
- antarmakhluk hidup
- upaya manusia dalam menjaga
keseimbangan/pelestarian lingkungan Peserta didik mampu bernalar tentang:
- hubungan antara sistem organ dan proses yang ditimbulkan
- percobaan pada sistem organ
Peserta didik mampu bernalar tentang:
- pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya
- perubahan wujud benda
- suhu dan kalor Peserta didik mampu bernalar tentang:
- hubungan gaya dengan gerak
- bunyi
- cahaya Peserta didik mampu bernalar tentang:
- gerhana bulan dan gerhana matahari
- siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2018/2019 | 2
0 Response to "Kisi-kisi IPA Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar 2018/2019"
Post a Comment